IkLaN

IkLaN

KuRsUs InTeRnAtIoNaL

IkLaN

IkLaN

Sabtu, 13 Januari 2018

Membuat Peta Situs

Membuat Peta Situs

https://support.google.com/webmasters/answer/74288?hl=id&ref_topic=6080646

Membuat Peta Situs Google Berita.
Artikel ini menjelaskan panduan untuk Peta Situs Google Berita dan langkah-langkah untuk mengirim Peta Situs.

Sebelum memulai, situs Anda harus disertakan dalam Google Berita. Jika tidak, Anda dapat mengajukan permohonan penyertaan di Pusat Penerbit Google Berita.
Peta Situs berisi informasi detail terkait jenis konten tertentu di situs Anda. Peta Situs Google Berita membuat Anda dapat mengontrol konten yang ingin dikirim ke Google Berita. Jika Anda sudah memiliki Peta Situs web, sebaiknya Anda membuat Peta Situs yang terpisah untuk konten berita.

Keuntungan
Berikut keuntungan dari membuat dan mengirimkan Peta Situs Google Berita:

Menemukan artikel berita lebih cepat. Peta Situs memungkinkan Google Berita menemukan semua artikel berita di situs Anda dengan lebih cepat.
Merayapi dan mengindeks semua artikel berita. Peta Situs mengarahkan crawler kami langsung ke setiap URL artikel berita, yang meningkatkan cakupan konten di situs Anda.
Panduan Peta Situs Berita
Google Berita tidak menyukai situs yang menggunakan Peta Situs Berita dalam hasil peringkat. Apakah tersedia Peta Situs Berita atau tidak, Google Berita menggunakan metode crawling normal untuk menelusuri dan mengindeks semua situs berita (halaman beranda dan rubrik).
Saat Anda membuat Peta Situs Berita, ikuti persyaratan di bawah:

Sertakan URL artikel yang dipublikasikan dalam 2 hari terakhir. Anda dapat menghapus artikel yang berumur lebih dari 2 hari dari Peta Situs Berita, namun artikel tersebut akan tetap ada di indeks Berita selama 30 hari.
Update Peta Situs Berita Anda dengan artikel baru saat dipublikasikan. Google Berita merayapi Peta Situs Berita dalam frekuensi yang sama dengan perayapan seluruh situs Anda.
Tambahkan 1.000 URL atau kurang. Jika ingin menyertakan lebih banyak URL, pisah URL menjadi beberapa Peta Situs dan gunakan file indeks Peta Situs untuk mengelolanya. Gunakan format XML yang disediakan dalam protokol Peta Situs. Jangan menyertakan lebih dari 50.000 Peta Situs di file Peta Situs. Batasan ini membantu memastikan agar server web Anda tidak menayangkan file besar ke Google Berita.
Jangan membuat Peta Situs Berita untuk setiap update. Sebagai gantinya, update Peta Situs Anda saat ini dengan URL artikel yang baru.
Jangan gunakan Generator Peta Situs Google untuk membuat Peta Situs Berita. Generator akan menyertakan URL yang tidak sesuai dengan artikel berita tertentu.
Contoh entri peta situs
Peta Situs Google Berita menggunakan protokol Peta Situs. Berikut adalah contoh entri Peta Situs Berita:

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<urlset xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9"
        xmlns:news="http://www.google.com/schemas/sitemap-news/0.9">
  <url>
    <loc>http://www.example.org/business/article55.html</loc>
    <news:news>
      <news:publication>
        <news:name>The Example Times</news:name>
        <news:language>en</news:language>
      </news:publication>
      <news:genres>PressRelease, Blog</news:genres>
      <news:publication_date>2008-12-23</news:publication_date>
      <news:title>Companies A, B in Merger Talks</news:title>
      <news:keywords>business, merger, acquisition, A, B</news:keywords>
      <news:stock_tickers>NASDAQ:A, NASDAQ:B</news:stock_tickers>
    </news:news>
  </url>
</urlset>
Mengirimkan peta situs Anda
Setelah Anda membuat Peta Situs Berita, kirimkan melalui Search Console. Kunjungi Pusat Bantuan Search Console untuk informasi selengkapnya tentang cara mengelola Peta Situs. Sebaiknya upload Peta Situs ke direktori level tertinggi yang berisi artikel berita Anda.

Jika Anda mengirim Peta Situs Berita sebelum situs ditinjau dan disetujui oleh tim kami, Anda dapat mengalami error.
Penetapan tag khusus berita
Tinjau tag Google Berita untuk Peta Situs di bawah:

Tag Diperlukan? Deskripsi
<publication>
Ya Publikasi tempat artikel muncul. Berisi 2 tag turunan wajib: <name> dan <language>. 
<name> merupakan nama publikasi berita. Harus sama persis dengan nama yang muncul di artikel Anda pada news.google.com, kecuali yang terdapat dalam tanda kurung.
<language> merupakan bahasa publikasi Anda. Gunakan Kode Bahasa ISO 639 (2 atau 3 huruf). Pengecualian: untuk China Aksara Sederhana, menggunakan zh-cn dan untuk China Aksara Tradisional, menggunakan zh-tw.
<publication_date>
Ya
Tanggal publikasi artikel dalam format W3C, menggunakan format "tanggal lengkap" (YYYY-MM-DD) atau format "tanggal lengkap plus jam, menit, dan detik" dengan format penunjuk zona waktu (YYYY-MM-DDThh:mm:ssTZD). Berikan waktu dan tanggal asli saat artikel dipublikasikan di situs Anda; jangan memberikan waktu ketika Anda menambahkan artikel ke Peta Situs.
Crawler kami menerima format di bawah:

Tanggal lengkap: YYYY-MM-DD (mis. 1997-07-16)
Tanggal lengkap plus jam dan waktu: YYYY-MM-DDThh:mmTZD (mis. 1997-07-16T19:20+01:00)
Tanggal lengkap plus jam, menit, dan detik: YYYY-MM-DDThh:mm:ssTZD (mis. 1997-07-16T19:20:30+01:00)
Tanggal lengkap plus jam, menit, detik, dan pecahan desimal detik: YYYY-MM-DDThh:mm:ss.sTZD (mis. 1997-07-16T19:20:30.45+01:00)
<title>
Ya Judul artikel berita. Catatan: Judul dapat disingkat karena alasan ruang saat ditampilkan di Google Berita. Sertakan judul artikel seperti yang ditampilkan di situs Anda. Jangan sertakan nama penulis, nama publikasi, atau tanggal publikasi pada tag judul.


https://support.google.com/webmasters/answer/80471?hl=id&ref_topic=6080646

Peta situs video
Peta situs video adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Google mengetahui tentang semua konten video pada situs Anda, khususnya konten yang mungkin tidak kami temukan dengan mekanisme perayapan biasa. Meningkatkan kemudahan menemukan konten video Anda dapat meningkatkan tampilan situs Anda di hasil Penelusuran Google Video.

Saat Anda mengirimkan peta situs yang berisi informasi video ke Google, Google membuat video yang disertakan dapat ditelusuri di Google Video. Hasil penelusuran berisi gambar mini (diberikan oleh Anda atau dibuat otomatis oleh Google) konten video, serta informasi (seperti judul) yang terdapat dalam peta situs Anda. Perlu diperhatikan bahwa kami tidak menjamin waktu atau kepastian video Anda dapat ditambahkan ke indeks kami karena Google bergantung pada algoritme yang kompleks untuk proses ini.

Anda dapat membuat peta situs terpisah yang mencantumkan konten video, atau menambahkan informasi tentang konten video ke peta situs yang ada—mana saja yang lebih mudah untuk Anda. Ekstensi video Google dari protokol peta situs memungkinkan Anda memberikan informasi deskriptif kepada Google—seperti judul, deskripsi, durasi video, dsb.—yang memudahkan pengguna menemukan bagian konten tertentu.

Perlu diketahui bahwa ada kemungkinan Google menggunakan teks yang tersedia di laman web video Anda, bukan teks yang diberikan di peta situs.

Namespace XML
xmlns:video="http://www.google.com/schemas/sitemap-video/1.1"
Definisi tag video
Baca detail dan sintaksis lengkap peta situs video di sini.

https://support.google.com/webmasters/answer/178636?hl=id&ref_topic=6080646
Peta situs gambar
Ikuti Pedoman Webmaster dan praktik terbaik untuk memublikasikan gambar guna meningkatkan kemungkinan gambar Anda dapat ditemukan di hasil Penelusuran Gambar. Selain itu, Anda dapat menggunakan ekstensi gambar Google untuk peta situs guna memberi Google lebih banyak informasi tentang gambar yang ada di laman Anda. Informasi peta situs gambar membantu Google menemukan gambar yang mungkin tidak akan dapat kami temukan tanpa informasi tersebut (seperti gambar yang situs Anda jangkau dengan kode JavaScript), dan memungkinkan Anda menunjukkan gambar di situs yang Anda inginkan agar dirayapi dan diindeks Google.

Anda dapat menggunakan peta situs terpisah untuk mencantumkan gambar atau menambahkan informasi gambar ke peta situs yang sudah ada. Contoh  berikut menunjukkan entri peta situs untuk laman http://example.com/sample.html, yang berisi dua gambar.

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<urlset xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9"
        xmlns:image="http://www.google.com/schemas/sitemap-image/1.1">
  <url>
    <loc>http://example.com/sample.html</loc>
    <image:image>
      <image:loc>http://example.com/image.jpg</image:loc>
    </image:image>
    <image:image>
      <image:loc>http://example.com/photo.jpg</image:loc>
    </image:image>
  </url> 
</urlset> 
Anda dapat mencantumkan hingga 1.000 gambar untuk tiap laman, menggunakan kerangka sintaksis pada contoh di atas!

Namespace XML
xmlns="http://www.google.com/schemas/sitemap-image/1.1"
Definisi tag gambar
Tag Wajib Deskripsi
<image:image> Ya Mencakup semua informasi tentang gambar tunggal. Setiap tag <url> dapat berisi hingga 1.000 tag <image:image>.
<image:loc> Ya URL gambar.
Dalam beberapa kasus, URL gambar mungkin tidak berada di domain yang sama dengan situs utama Anda. Tidak apa-apa, selama kedua domain diverifikasi di Search Console. Jika, misalnya, Anda menggunakan jaringan penayangan konten seperti Google Sites untuk menghosting gambar, pastikan situs hosting diverifikasi di Search Console. Selain itu, pastikan bahwa file robots.txt Anda tidak menolak perayapan konten apa pun yang ingin diindeks.

<image:caption> Opsional Keterangan gambar.
<image:geo_location> Opsional Lokasi geografis gambar. Misalnya, <image:geo_location>Limerick, Irlandia</image:geo_location>.
<image:title> Opsional Judul gambar.
<image:license> Opsional URL untuk lisensi gambar.


https://support.google.com/webmasters/answer/2620865?hl=id&ref_topic=6080646

Menggunakan peta situs untuk mengindikasikan laman bahasa alternatif
Jika situs Anda menargetkan pengguna dalam banyak bahasa dan, secara opsional, negara, Anda dapat menggunakan Peta situs untuk memberikan rel="alternate" hreflang="x"kepada Google. Atribut ini membantu Google menyajikan bahasa atau URL regional yang benar bagi penelusur.

Bayangkan Anda memiliki laman dalam bahasa Inggris yang ditargetkan bagi penutur bahasa Inggris di seluruh dunia. Anda juga memiliki versi ekuivalen dari laman ini yang ditargetkan bagi penutur bahasa Jerman di seluruh dunia, dan penutur bahasa Jerman yang tinggal di Swiss. Rangkaian URL lengkap Anda adalah:

www.example.com/english/
www.example.com/deutsch/
www.example.com/schweiz-deutsch/
Peta Situs berikut memberi tahu Google bahwa laman www.example.com/english/ memiliki laman ekuivalen yang menargetkan pengguna penutur bahasa Jerman di seluruh dunia  (http://www.example.com/deutsch/) dan Swiss (http://www.example.com/schweiz-deutsch/).

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<urlset xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9"
  xmlns:xhtml="http://www.w3.org/1999/xhtml">
  <url>
    <loc>http://www.example.com/english/</loc>
    <xhtml:link 
                 rel="alternate"
                 hreflang="de"
                 href="http://www.example.com/deutsch/"
                 />
    <xhtml:link 
                 rel="alternate"
                 hreflang="de-ch"
                 href="http://www.example.com/schweiz-deutsch/"
                 />
    <xhtml:link 
                 rel="alternate"
                 hreflang="en"
                 href="http://www.example.com/english/"
                 />
  </url>
  
  <url>
    <loc>http://www.example.com/deutsch/</loc>
    <xhtml:link 
                 rel="alternate"
                 hreflang="en"
                 href="http://www.example.com/english/"
                 />
     <xhtml:link 
                 rel="alternate"
                 hreflang="de-ch"
                 href="http://www.example.com/schweiz-deutsch/"
                 />
     <xhtml:link 
                 rel="alternate"
                 hreflang="de"
                 href="http://www.example.com/deutsch/"
                 />
  </url>
  
  <url>
    <loc>http://www.example.com/schweiz-deutsch/</loc>
     <xhtml:link 
                 rel="alternate"
                 hreflang="de"
                 href="http://www.example.com/deutsch/"
                 />
     <xhtml:link 
                 rel="alternate"
                 hreflang="en"
                 href="http://www.example.com/english/"
                 />
<xhtml:link 
                 rel="alternate"
                 hreflang="de-ch"
                 href="http://www.example.com/schweiz-deutsch/"
                 />
  </url>
  
</urlset>
Catatan
Pastikan untuk menentukan namespace xhtml sebagai berikut:
xmlns:xhtml="http://www.w3.org/1999/xhtml"
Anda harus membuat elemen url yang berbeda untuk setiap URL. Setiap elemen url harus menyertakan tag loc yang mengindikasikan URL laman, dan subelemen xhtml:link rel="alternate" hreflang="XX" bagi setiap versi alternatif laman, termasuk laman itu sendiri. 
Contoh ini menggunakan kode bahasa de untuk URL yang ditargetkan bagi penutur bahasa Jerman di mana saja, dan kode lokal bahasa de-ch untuk penutur bahasa Jerman di Swiss. Jika Anda memiliki beberapa URL alternatif yang ditargetkan ke pengguna dengan bahasa yang sama namun pada lokal yang berbeda, sebaiknya berikan URL untuk pengguna yang tidak ditentukan secara geografis. Misalnya, Anda dapat memiliki URL khusus bagi penutur bahasa Inggris di Irlandia (en-ie), Kanada (en-ca), dan Australia (en-au), namun ingin agar semua penutur bahasa Inggris melihat laman bahasa Inggris (en) generik. Dalam kasus ini sebaiknya Anda menentukan laman bahasa Inggris (en) generik untuk penelusuran, katakanlah, di Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung :D
Sukses selalu dan Salam Hormat :)
*)

PeNgAtUrAn ViDeO Di FaCeBoOk

PeNgAtUrAn ViDeO Di FaCeBoOk

IkLaN